Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 18 Nov 2021 12:40 WITA ·

SDK Jawang Rencanakan Pendirian Taman Baca


 Ilustrasi Taman Baca (Foto:Net) Perbesar

Ilustrasi Taman Baca (Foto:Net)

Borong, Floreseditorial.com – Yayasan permata Flores (YPF) telah menyerahkan sebanyak 600 buah  buku bacaan kepada Sekolah Dasar Katolik (SDK) Jawang, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Rabu (17/11/2021).

Bantuan 600 buku dari Yayasan Permata Flores itu rupanya mendorong semangat baru bagi Kepala Sekolah SDK Jawang, Aleksius Nambung untuk meningkatkan kegiatan literasi di sekolah tersebut.

Menurutnya, usai mendapatkan bantun buku, dirinya mengaku menargetkan untuk membangun taman baca di halaman SDK Jawang sebagai tempat membaca bagi para siswa dan siswi di sekolah itu.

“Dengan adanya taman baca, maka kegiatan membaca anak-anak dengan sendirinya akan meningkat”, ungkap Aleksius ketika dikonfirmasi Floreseditorial.com, Kamis (18/11/2021).

Ia mengungkapkan, Kegiatan literasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan di sekolah, karena merupakan trobosan bagi anak didik untuk lebih giat belajar.

Menurutnya, buku-buku yang sudah diberikan oleh pihak Yayasan Permata Flores tidak akan dimanfaatkan secara maksimal jika tidak ada trobosan program baru seperti pembuatan taman baca yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Sebagai kepala sekolah, dirinya berkomitmen untuk membuat program-program yang menunjang  agar buku-buku yang sudah diterima dapat dimanfaatkan.

“Jadi, setelah ini kita akan melakukan rapat dengan para guru supaya membagi waktu, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk kegiatan literasi. Ya, salahsatunya mungkin hari Sabtu kita akan dimanfaatkan khusus untuk kegiatan literasi supaya buku-buku itu tidak terkesan simpan”, terangnya.

Disampaikan Aleksius, untuk pembuatan taman baca di SDK Jawang sendiri, target pembangunannya akan dilaksanakan tahun depan dari anggaran yang bersumber dari Dana Bos.

“Kebetulan tadi pas kegiatan penyerahan buku ini saya sudah bisik dengan pak Kadis PPO, jadi bisa untuk buat taman baca dari penggunaan dana Bos”, katanya.

Aleksius berharap, Kegiatan seperti penyumbangan buku yang dilakukan Yayasan Permata Flores kepada SDK Jawang akan terus berlanjut dan media pun diharapkan akan memantau kegiatan-kegiatan positif seperti itu agar dapat mengedukasi Sekolah lain untuk terus melakukan peningkatan kegiatan literasi.

“Harapan untuk kedepannya, siapapun yang punya hati bagi generasi ini kedepannya, berharap tidak habis-habisnya kegiatan seperti ini akan berjalan terus. Jadi baik buku bacaan untuk anak-anak dan apapun kegiatannya yang positif, kalau bagi lembaga kami, maka kami siap untuk terima dan berharap kerjasama bisa terkoordinasi dengan baik,” tukasnya.

Untuk diketahui, Penyerahan sebanyak 600 buku kepada pihak sekolah (SDK Jawang), diserahkan langsung oleh Ketua Yayasan Permata Flores, Andre Kornasen. Kegiatan berlangsung di salah satu ruang kelas SDK Jawang.

Selain Ketua Pelaksana Harian Yayasan Permata Flores, Andre Kornasen, turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadis PPO) Kabupaten Manggarai Timur, Basilius Teto, Kepala bidang (Kabid) SD Kabupaten Manggarai timur, Baltasar Melkior, Kepala Bidang (Kabid) SMP Kabupaten Manggarai Timur, Vinsensius Tala, Kepala Sekolah SDk Jawang, Aleksius Nambung dan sejumlah guru-guru di SDk Jawang.

Laporan: Angelus Durma

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya

Intip Sederetan Prestasi SMPK Yosefa Labuan Bajo, Boyong Tiga Kejuaran Lomba Story Telling Hingga Masuk 10 Besar Juara Perlombaan Se-Regional Bali

28 November 2021 - 04:19 WITA

Peringati Hari Guru, Ini yang Dilakukan Civitas SMKN I Poco Ranaka

28 November 2021 - 02:53 WITA

Asa Kemampuan Siswa, SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Adakan English Competition

19 November 2021 - 14:48 WITA

Dukung Gerakan Literasi, YPF Salurkan 21 Ribu Buku dari Yayasan One Hope Indonesia di Matim

17 November 2021 - 04:15 WITA

Literasi Itu Vaksin Kemiskinan

12 November 2021 - 14:20 WITA

Mirip Kandang Kambing, Kondisi Ruang Kelas SDN Rahung Sangat Memprihatinkan

8 November 2021 - 04:41 WITA

Trending di Pendidikan
error: Content is protected !!