Menu

Mode Gelap

News · 21 Des 2020 11:32 WITA ·

Radius Zona Merah Menurun, Sejumlah Pengungsi Ile Lewotolok Akan Dipulangkan


 Radius Zona Merah Menurun, Sejumlah Pengungsi Ile Lewotolok Akan Dipulangkan Perbesar

Rapat Koordinasi Status Ile Lewotolok dan Perkembangan Erupsinya, di Posko Utama TDB Ile Lewotolok, Senin (21/12/2020). (Foto: Ben Kia Assan)


Lembata, Floreseditorial.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok Lembata merekomendasikan perubahan radius zona merah terdampak erupsi Ile Lewotolok turun menjadi tiga kilometer. Sebelumnya, sejak erupsi pada Minggu (29/11/2020) PGA Ile Lewotolok merekomendasikan larangan aktivitas warga dalam radius empat kilometer dari puncak aktivitas vulkanik Ile Lewotolok.

Pernyataan ini disampaikan Petugas PGA Ile Lewotolok, Kristianto, saat menyampaikan arahan terkait status Gunung Berapi Ile Lewotolok dan perkembangannya di Posko Utama Tanggap Darurat Bencana (TDB) Erupsi Ile Lewotolok, Senin (21/12/2020) siang.

Dalam pertemuan yang dipimpin langsung Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur, Petugas PGA menjelaskan, radius aman tiga kilometer hanya berlaku untuk sejumlah desa seperti Watodiri, Muruona, Laranwutun, Kolontobo, Riangbao, Petuntawa, Waowala, Lamawara, Tanjung Batu dan Amakaka.

Sedangkan desa-desa lain yang masih berpotensi terpapar erupsi adalah tiga desa di Kecamatan Ile Ape dan sembilan desa di Kecamatan Ile Ape Timur. Tiga desa di Kecamatan Ile Ape adalah Lamawara, Bunga Muda dan Napasabok. Untuk di Ile Ape Timur antara lain, Lamagute, Waimatan, Aulesa, Lamau, Baolaliduli, Lamatokan, Lamawolo, Jontona dan Todanara.

Terkait rekomendasi PVMBG, Bupati Lembata menyatakan, pengungsi dari sejumlah desa yang berada di luar radius tiga kilometer sudah bisa pulang kampung di akhir masa TDB, yakni setelah tanggal 26 Desember 2020. Namun, pihaknya mengingatkan agar warga tidak melakukan aktivitas terutama berkebun pada daerah yang masuk radius tiga kilometer. 

“Setelah tanggal 26 Desember, beberapa desa yang lokasinya seperti yang dijelaskan pihak PGA, sudah bisa diatur untuk pulang. Tapi saya ingatkan agar jangan ke kebun, terutama jika kebunnya berada di radius tiga kilometer. Saya minta kedua Camat Ile Ape dan Ile Ape Timur, tolong pelajari gambar zona radius tiga kilometer itu, dan pastikan mana desa yang sudah bisa pulang,” ujar Bupati Lembata.

Meski pada sebagian wilayah PVMBG merekomendasikan radius bahaya tiga kilometer, namun sejumlah desa masih dalam radius empat kilometer zona berbahaya. 

“Untuk beberapa desa di wilayah tenggara, radius berbahaya masih empat kilometer. Karena masih ada potensi hembusan abu mengarah ke tenggara,” jelas Kristian dari PVMBG PGA Ile Lewotolok.

Sejumlah desa yang dipastikan masih zona merah radius empat kilometer adalah sebagian besar desa di Ile Ape Timur, terutama Todanara, Jontona, Lamawolo dan Lamatokan.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Sekda Matim Serahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Berbasis Keluarga di Matim

22 Oktober 2021 - 09:32 WITA

Dituding Lakukan Provokasi Melalui Video, Doni Pareira: Itu Ekpresi Kepanikan Para Aktor Mafia Tanah di Labuan Bajo

17 Oktober 2021 - 14:13 WITA

PT. WGP Diduga Serobot Lahan Warga Desa Pantar

16 Oktober 2021 - 07:54 WITA

Ke Labuan Bajo, Presiden akan Resmikan Penataan Sejumlah Infrastruktur

14 Oktober 2021 - 02:26 WITA

Pemkab Mabar Terima Piagam Opini WTP dari Kemenkeu

13 Oktober 2021 - 06:35 WITA

Waspada, Uang Palsu Pecahan 100 Ribu Kembali Beredar di Manggarai Timur

9 Oktober 2021 - 12:07 WITA

Trending di News
error: Content is protected !!