Menu

Mode Gelap

News · 13 Okt 2021 06:35 WITA ·

Pemkab Mabar Terima Piagam Opini WTP dari Kemenkeu


 Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE di dampingi Wakil Bupati dr. Yulianus Weng, M.Kes, Sekda Mabar Fransiskus Sale Sodo dan Kepala BPKD Salvador Pinto menerima Palakat/ Piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Foto: Ist) Perbesar

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE di dampingi Wakil Bupati dr. Yulianus Weng, M.Kes, Sekda Mabar Fransiskus Sale Sodo dan Kepala BPKD Salvador Pinto menerima Palakat/ Piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (Foto: Ist)

Labuan Bajo, Floreseditorial.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI menetapkan laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2020 memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE di dampingi Wakil Bupati dr. Yulianus Weng, M.Kes, Sekda Mabar Fransiskus Sale Sodo dan Kepala BPKD Salvador Pinto menerima Palakat/ Piagam Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang diserahkan langsung Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Ruteng mewakili Menteri Keuangan RI didampingi pejabat dari Kanwil DJPP Provinsi NTT, Rabu (13/10) di ruang Kerja Bupati Manggarai Barat

Tanggal 14 September 2021, Kementerian Keuangan telah menyelanggarakan acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring dengan tema “Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi,”

Melalui kegiatan Rakernas Akuntansi tersebut Pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah yang Laporan Keuangannya memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Menteri Keuangan Sri Mulyani pada rakernas tersebut berpesan kepada seluruh Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk terus melihat temuan-temuan BPK dan memperbaiki berdasarkan rekomendasi apa yang telah disampaikan oleh BPK. Sinergi dan komunikasi dari auditor dan auditee merupakan salah satu bentuk tata Kelola yang baik dan ini akan membangun Indonesia menjadi negara maju, kuat dan bermartabat.

Dijelaskan Menkeu melalui APBN 2020, pemerintah terus bekerja keras dan responsif memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam bentuk dukungan penanganan kesehatan, perlindungan sosial, dan dukungan bagi UMKM dan dunia usaha.

“Fokus pemerintah pada akselerasi program vaksinasi dan pembatasan mobilitas yang dapat menentukan laju pemulihan ekonomi, hal ini membutuhkan mobilisasi dana dan SDM (pusat-daerah) yang sangat besar yang memunculkan risiko penggunaan uang negara dalam situasi krisis,” ungkap Menkeu Sri Mulyani

Kementerian Keuangan mengharapkan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, sehingga dapat menjadi modal yang sangat berharga bagi sinergi pengelolaan keuangan negara dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional yang dilaksanakan secara transparan dan akuntabel.

Dengan demikian, kualitas laporan keuangan seluruh entitas Pemerintah dapat tetap terjaga, terus memperoleh opini WTP, dan berdampak nyata dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera, maju, adil dan makmur, sebagaimana yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia.

Disampaikan bahwa Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020 di wilayah kerja Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. NTT, sebanyak 19 LKPD memperoleh opini WTP dan khusus untuk 2 LKPD yaitu LKPD Pemprov NTT dan Kab. Sikka memperoleh penghargaan atas capaian 5 kali berturut-turut memperoleh WTP.

“Melalui kegiatan ini, ijinkan kami mewakili Kementerian Keuangan untuk menyampaikan plakat/piagam WTP kepada Pemerintah Daerah Manggarai Barat Sebagai apresiasi perolehan opini WTP oleh BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun 2020. Semoga capaian ini dapat dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya,” ungkap Sri Mulyani

Sementara itu Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, SE menyampaikan terimakasihnya atas penghargaan opini WTP atas laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat tahun 2021 dari Kementerian Keuangan RI.

“Terimakasih atas penghargaan yang kami dapatkan ini, kami akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan pencapaian ini di tahun berikutnya. Untuk itu kami harap bimbingan dan kerjasamanya guna menyusun laporan yang lebih baik lagi kedepannya,” ungkapnya

Kemudian terkait temuan-temuan BPK, Bupati Edi Endi berjanji akan memperbaiki tersebut berdasarkan rekomendasi apa yang telah disampaikan oleh BPK.

Artikel ini telah dibaca 130 kali

Baca Lainnya

Sekda Matim Serahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Berbasis Keluarga di Matim

22 Oktober 2021 - 09:32 WITA

Dituding Lakukan Provokasi Melalui Video, Doni Pareira: Itu Ekpresi Kepanikan Para Aktor Mafia Tanah di Labuan Bajo

17 Oktober 2021 - 14:13 WITA

PT. WGP Diduga Serobot Lahan Warga Desa Pantar

16 Oktober 2021 - 07:54 WITA

Ke Labuan Bajo, Presiden akan Resmikan Penataan Sejumlah Infrastruktur

14 Oktober 2021 - 02:26 WITA

Waspada, Uang Palsu Pecahan 100 Ribu Kembali Beredar di Manggarai Timur

9 Oktober 2021 - 12:07 WITA

Paroki Sok Tolak Pelayanan Misa Arwah Bayi 8 Bulan Karena Belum Dibaptis

3 Oktober 2021 - 15:37 WITA

Trending di News
error: Content is protected !!