Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 12 Nov 2021 14:20 WITA ·

Literasi Itu Vaksin Kemiskinan


 Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH. M.Hum didampingi oleh Camat Rana Mese, Kepala SMAN 1 Borong, melaunching Majalah berjudul “The Voice Of SMAN 1 Borong, l di SMAN 1 Borong, Desa Sita, Kecamatan Rana Mese. (Ist) Perbesar

Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH. M.Hum didampingi oleh Camat Rana Mese, Kepala SMAN 1 Borong, melaunching Majalah berjudul “The Voice Of SMAN 1 Borong, l di SMAN 1 Borong, Desa Sita, Kecamatan Rana Mese. (Ist)

Borong, Floreseditorial.comBupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH. M.Hum didampingi oleh Camat Rana Mese, Kepala SMAN 1 Borong, melaunching Majalah berjudul “The Voice Of SMAN 1 Borong, bertempat di SMAN 1 Borong, Desa Sita, Kecamatan Rana Mese, Kamis (11/11/2021).

Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan majalah kepada Tim Redaksi SMAN 1 Borong dan disaksikan oleh para guru dan semua siswa/i di SMAN 1 Borong.

Dalam sambutannya, Bupati Manggarai Timur mengatakan Literasi adalah adalah kemampuan individu dalam membaca, menulis, merancang, berbicara dan berhitung.

“Kemampuan literasi erat kaitannya dengan kemampuan berbahasa, karena dengan literasi akan mempermudah manusia untuk berkomunikasi secara efektif”, tegas Bupati Agas.

Kemampuan literasi bukan hanya sekedar mampu membaca dan menulis secara teknis, tetapi memiliki makna yang lebih jauh yaitu kapasitas terkoneksi secara efektif, mampu menginterpretasikan dan melihat secara luas seluk beluk lingkungan dimana ia tinggal. Semakin baik kualitas literasi, maka semakin baik kesejahteraan masyarakatnya.

Bupati Manggarai Timur juga menambahkan bahwa banyak membaca akan melahirkan penulis yang baik. Seringkali orang memiliki keinginan yang kuat untuk menulis tetapi malas membaca dan mendengar.

“Kita bisa jadi pembicara yang hebat, kita bisa jadi penulis yang hebat, tapi kita lupa menjadi pendengar yang hebat”, lanjutnya.

Bupati Agas juga mengajak para siswa/i untuk memiliki kemauan dan meningkatkan kemampuan menulis. Semuanya bisa kita lakukan dari hal-hal kecil, seperti menulis kejadian sehari-hari di buku catatan pribadi kita. Kita juga bisa menulis di sosial media, tetapi tetap dengan tujuan yang positif agar rekam jejak kita tetap dinilai baik.

“Jika ingin menjadi penulis yang hebat, bacalah buku tentang orang sukses, bergaulah dengan orang sukses dan menulislah tentang kesuksesan”, tutupnya.

 

Artikel ini telah dibaca 54 kali

Baca Lainnya

Intip Sederetan Prestasi SMPK Yosefa Labuan Bajo, Boyong Tiga Kejuaran Lomba Story Telling Hingga Masuk 10 Besar Juara Perlombaan Se-Regional Bali

28 November 2021 - 04:19 WITA

Peringati Hari Guru, Ini yang Dilakukan Civitas SMKN I Poco Ranaka

28 November 2021 - 02:53 WITA

Asa Kemampuan Siswa, SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Adakan English Competition

19 November 2021 - 14:48 WITA

SDK Jawang Rencanakan Pendirian Taman Baca

18 November 2021 - 12:40 WITA

Dukung Gerakan Literasi, YPF Salurkan 21 Ribu Buku dari Yayasan One Hope Indonesia di Matim

17 November 2021 - 04:15 WITA

Mirip Kandang Kambing, Kondisi Ruang Kelas SDN Rahung Sangat Memprihatinkan

8 November 2021 - 04:41 WITA

Trending di Pendidikan
error: Content is protected !!