Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 26 Okt 2021 13:21 WITA ·

Jelang ANBK di Elar Selatan, Jaringan Internet Masih Jadi Kendala Utama


 Anselmus, seorang guru sekaligus panitia penyelenggara ANBK SDI Sulit dan Leko Tong, Desa Paan Waru. (Foto: FEC Media) Perbesar

Anselmus, seorang guru sekaligus panitia penyelenggara ANBK SDI Sulit dan Leko Tong, Desa Paan Waru. (Foto: FEC Media)

Borong, Floreseditorial.com – Jelang pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tingkat Sekolah Dasar (SD), di Kabupaten Manggarai Timur (Matim), masih ditemukan sejumlah sekolah yang mengalami kendala.

Salah satunya di Kecamatan Elar Selatan, Kabupaten Manggarai Timur.

Penelusuran media ini, sedikitnya 10 sekolah masih berjibaku dengan maslah buruknya jaringan internet.

Beberapa sekolah tersebut yang mengalami persoalan jaringan Internet di Kecamatan Elar Selatan, diantaranya: SDK Sulit, SDK Leko Tong, SDI Gising, SDK Bebong, SDN Wela Pandang, SMPN 11 Elar, SDI Ratalai, SDN Woko Ledu, SMP Satap Ratalai, SDN Waru Soda serta beberapa sekolah di wilayah Elar Selatan Bagian Utara dan bagian Selatan

Tak mengherankan, Kecamatan Elar Selatan merupakan salah satu daerah di kabupaten Manggarai Timur yang dapat dikategorikan sebagai daerah yang belum maksimal tersentuh pembangunan.

Selain karena lokasinya jauh dari kota Perkotaan topografi wilayah ini berada di antara barisan pegunungan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa sekolah di Kecamatan ini kesulitan mendapatkan layanan internet yang memadai.

Tak cuma itu, ketersediaan alat komputer yang belum maksimal serta jaringan listrik yang belum stabil menjadi salah satu sebab pelaksanaan ANBK tak berjalan efektif.

Sebagaimana disampaikan Anselmus, seorang guru sekaligus panitia penyelenggara ANBK SDI Sulit dan Leko Tong, Desa Paan Waru.

“Kami rela berjam-jam bahkan sampai Sore hari untuk bertahan di tempat yang ada jaringan”, ujarnya pada Selasa,(26/10/2021).

Selain itu, lanjutnya, dari sekolah mereka harus menempuh 2-3 Km jalan kaki besama peserta didik untuk melakukan simulasi ANBK di lokasi yang ada jaringan internet.

“Sebagai guru kami berharap agar pemerintah bisa memikirkan dan mencari solusi tentang kendala-kendala pada Lembaga Pendidikan di wilayah ini”, tukasnya.

Artikel ini telah dibaca 71 kali

Baca Lainnya

Intip Sederetan Prestasi SMPK Yosefa Labuan Bajo, Boyong Tiga Kejuaran Lomba Story Telling Hingga Masuk 10 Besar Juara Perlombaan Se-Regional Bali

28 November 2021 - 04:19 WITA

Peringati Hari Guru, Ini yang Dilakukan Civitas SMKN I Poco Ranaka

28 November 2021 - 02:53 WITA

Asa Kemampuan Siswa, SMAK St. Ignatius Loyola Labuan Bajo Adakan English Competition

19 November 2021 - 14:48 WITA

SDK Jawang Rencanakan Pendirian Taman Baca

18 November 2021 - 12:40 WITA

Dukung Gerakan Literasi, YPF Salurkan 21 Ribu Buku dari Yayasan One Hope Indonesia di Matim

17 November 2021 - 04:15 WITA

Literasi Itu Vaksin Kemiskinan

12 November 2021 - 14:20 WITA

Trending di Pendidikan
error: Content is protected !!