Menu

Mode Gelap

News · 23 Des 2020 16:21 WITA ·

Bupati Deno Pertegas Instruksi Prokes


 Bupati Deno Pertegas Instruksi Prokes Perbesar

Bupati Manggarai, Deno Kamelus (Ist)


Manggarai, Floreseditorial.com – Cegah penularan covid-19 jelang Hari Raya Natal 25 Desember 2020 dan Tahun Baru 2021, di mana terdapat peluang meningkatnya mobilitas masyarakat untuk kegiatan keagamaan, silahturahmi di hari raya, prosesi adat istiadat, serta aktivitas wisata, Bupati Manggarai, Deno Kamelus, mengeluarkan Instruksi Protokol Kesehatan (Prokes) melalui surat bernomor HK. 034.1/192/2020 tanggal 22 Desember 2020.

Instruksi Bupati Deno, ditujukan kepada Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Manggarai, para Pimpinan Rumah Ibadat se-Kabupaten Manggarai, para Kepala Perangkat Daerah se-Kabupaten Manggarai, dan seluruh masyarakat di Kabupaten Manggarai.

Adapun instruksi yang disampaikan dalam surat tersebut, yakni;

Pertama, setiap kegiatan perjalanan orang dan kegiatan pariwisata, wajib dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat antara lain, memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer. 

Kedua, setiap gereja yang menyelenggarakan rangkaian ibadat Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, wajib mematuhi protokol kesehatan dan membatasi jumlah kehadiran umat/jemaat maksimum setengah dari kapasitas pada perayaan hari biasa, serta mematuhi Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Dalam Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman di Masa Pandemi, berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2020.

Ketiga, setiap kegiatan adat istiadat antara lain teing hang, kumpul kope, wuat wa’i (pesta sekolah) atau pertunangan, wajib dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat, antara lain memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, serta mengatur waktu pelaksanaannya dengan memperhatikan ketersediaan ruang/lokasi dengan kehadiran anggota keluarga dan/atau undangan. 

Keempat, tidak menyelenggarakan kegiatan open house perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021, antara lain di Rumah Jabatan Bupati Manggarai dan Wakil Bupati Manggarai, para Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Manggarai, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, Tokoh Masyarakat, Tokoh Politik, Tokoh Adat, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang menimbulkan kerumunan. 

Kelima, setiap pelanggaran terhadap penerapan protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19, dikenai sanksi berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

Dengan dikeluarkannya instruksi tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai mengharapkan peran aktif seluruh komponen masyarakat, agar terus meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan covid-19.

Artikel ini telah dibaca 0 kali

Baca Lainnya

Sekda Matim Serahkan Bantuan Asistensi Rehabilitasi Berbasis Keluarga di Matim

22 Oktober 2021 - 09:32 WITA

Dituding Lakukan Provokasi Melalui Video, Doni Pareira: Itu Ekpresi Kepanikan Para Aktor Mafia Tanah di Labuan Bajo

17 Oktober 2021 - 14:13 WITA

PT. WGP Diduga Serobot Lahan Warga Desa Pantar

16 Oktober 2021 - 07:54 WITA

Ke Labuan Bajo, Presiden akan Resmikan Penataan Sejumlah Infrastruktur

14 Oktober 2021 - 02:26 WITA

Pemkab Mabar Terima Piagam Opini WTP dari Kemenkeu

13 Oktober 2021 - 06:35 WITA

Waspada, Uang Palsu Pecahan 100 Ribu Kembali Beredar di Manggarai Timur

9 Oktober 2021 - 12:07 WITA

Trending di News
error: Content is protected !!